-->

Cara Cepat Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat

CARAMETER - Kemarin Sore dapat keluhan dari Konsumen, Flashdisk nya rusak, tidak bisa dicopy-pastekan file, dan juga tidak bisa dia Format. pokoknya tidak bisa dipakai lagi. Muncul dilaptop "Windows was unable to complete the format" (kata siBapak). 
Dengan sedikit usaha dan bantuan dari Paket Kouta internet, saya browsing di internet. akhirnya saya menemukan solusi untuk memperbaiki FlashDisk SiBapak. Jika temanteman mendapatkan keluhan yang sama, bisa mencoba peraktekkan apa yang akan saya bagikan berikut ini Cara Cepat mengatasi Flashdisk yang TIdak Bisa Diformat.

Tahaptahap dalam mengatasi flashDisk yang tidak bisa diformat;

Tahap Pertama
Untuk membuka disk management. Klik Kanan pada My Computer dan pilih item Manage, kemudian klik managemen disk disisi kiri. Dibagian tengag temanteman dapat melihat "local hard drive" dan partisi dan drive USB yang dapat dikenali oleh kapasitas.

Tahap Kedua
Klik  kanan flash drive dan pilih format pilihan dan sistem pilh format file untuk melakukan quick format. Tapi tindakan ini tidak bisa diterapkan dalam beberapa keluhan pada flashdisk. (temanteman juga bisa mencoba tahap ketiga).

Tahap Ketiga
Klik kanan pada drive USB dan pilih New Simple Volume . Temanteman akan mendapatkan New Simple Volume Wizard yang memnadu temanteman menciptakan partisi yang baru untuk Flashdisk. Operasi mengikuti petunjuk pada layar, pilih Pengaturan , dan klik Next . Ketika proses ini selesai, temanteman akan menemukan Flashdisk yang telah diformat dan bisa terdeteksi oleh sistem.


Jika temanteman masih belum berhasil. kita bisa mencoba Cara yang berikut ini;

Tahap Pertama
Jika temanteman menggunakan windows 7 klik tombol start dan ktik cmd dalam pencarian dan tekan enter (bisa juga Logo windows + R).

Tahap Kedua
Ketik diskpart pada jendela hitam command prompt dan tekan enter.

Tahap Ketiga
Ketik listdisk pada jendela hitam command prompt dan tekan enter. ini akan memperlihatkan pada temanteman partisi pada laptop/computer dan USBdrive (Flashdisk yang akan diformat)

Tahap Keempat
Perhatikan baikbaik listdisk pada jendela hitam CMD. pilih disk nya dengan mengetik select disk 1 ( angka 1 jika disk yang akan diformat adalah disk 0).

Tahap Kelima
ketik clean all pada jendela hitam CMD. jika sudah selesai
keti exit (untuk keluar dari jendela hitam CMD). selanjutnya temanteman bisa menggunakan kembali FlashDisknya dengan baik.


Perlu saya sampaikan kepada temanteman bahwa cara ini bisa saja berhasil seperti apa yang saya alami. Tapi tidak menutup kemunkinan cara ini tidak cocok dengan keluhan dari temanteman. Jika terdapat kerusakan fisik yang parah pada flashdisk. 

Sekian dari saya, semoga bisa membantu temanteman semua. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel